Apakah Kalian Tahu Strategi Penayangan TV ?
Head
–Sterling (1982) menyatakan bahwa stasiun televisi memiliki sejumlah strategi
dalam upaya menarik audien masuk ke stasiun sendiri dan menahan audien yang
sudah ada untuk tidak pindah saluran atau mencegah tidak terjadi aliran audien
keluar, yaitu:
1.
Head to Head
Suatu program yang menarik audien
yang sama sebagaimana audien yang dimiliki satu atau beberapa stasiun televisi
saingan. Dalam hal ini, stasiun televisi mencoba menarik audien yang tengah
menonton program televisi saingan untuk pindah ke stasiun televisi sendiri
dengan menyajikan program yang sama dengan stasiun saingan.
2.
Program
Tandingan
Program Tandingan adalah strategi
untuk merebut audien yang berada di stasiun saingan untuk pindah ke stasiun
sendiri dengan cara menjadwalkan suatu program yang memiliki daya tarik berbeda
untuk menarik audien yang belum terpenuhi kebutuhannya.
3.
Bloking
Program
Bloking Program adalah dimana audien
dipertahankan untuk tidak pindah saluran dengan menyajikan acara yang sejenis
selama waktu siaran tertentu. Misalnya menyajikan program sinetron atau drama
komedi sepanjang malam.
4.
Pendahuluan
Kuat
Strategi untuk mendapatkan sebanyak
mungkin audien dengan menyajikan program yang kuat pada permulaan segmen waktu
siaran, misalnya menyajikan program berita local atau kriminalitas yang kuat
pada awal waktu siaran day time (sekitar
jam 10.00 atau 11.00) sebagai pengantar menuju program berita nasional.
Baca juga Artikel : Jenis Program TV. Disini
5.
Strategi
Buaian
Ini strategi untuk membangun audien
pada suatu acara baru atau meningkatkan jumlah audien atas suatu program yang
mulai mengalami penurunan popularitas. Caranya adalah dengan menempatkan acara
bersangkutan di tengah-tengah diantara dua program unggulan.
6.
Penghalangan
Dengan cara melakukan perubahan
jadwal program secara cepat. Misalnya, menyajikan suatu seri film baru yang memiliki
durasi waktu yang panjang.
7.
Strategi
Lainnya
Strategi Lainnya adalah dengan tetap
mempertahankan program-program yang berhasil pada posisinya yang sekarang.
Stasiun televisi yang akan menayangkan program unggulan sebaiknya memilih waktu
siaran pada saat tersedia banyak audien misalnya pada saat prime time.
Baca juga Artikel : Tips Siaran Berita. Disini
Terima Kasih sudah membaca Artikel ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar