Rabu, 11 Juli 2018

Pemasaran Program TV


               Bagian pemasaran memegang peran penting dalam mendorong kemajuan media penyiaran dan sangat menentukan dalam kelangsungan hidup media penyiaran. Sukses atau gagalnya departemen pemasaran akan menentukan apakah stasiun penyiaran akan tenggelam atau mengudara. Media penyiaran adalah media beriklan. Pemasaran waktu siaran adalah sumber pendapatan utama. Departemen pemasaran bertanggung jawab menjual waktu siaran kepada pemasang iklan. Bagian pemasaran adalah tempat mengumpulkan uang sedangkan bagian lain bertugas menghabiskan uang. Target kerja setiap media penyiaran adalah mampu membayar tagihan sekaligus mendapat keuntungan. Namun, kemampuan bagian ini untuk menjual waktu siaran sangat tergantung pada keberhasilan program dalam menarik audien.

Baca Juga Artikel : Strategi Penayangan TV. Disini 

               Program yang bagus akan menarik audien serta menarik pemasang iklan dan memberikan pendapatan bagi media penyiaran. Semakin besar pendapatan yang diperoleh, semakin besar dana yang tersedia untuk memproduksi program yang lebih baik. Menurut Pringle Star McCavit (1991) departemen pemasaran memiliki tanggung jawab antara lain:
1.       Menjual waktu siaran kepada pemasang iklan.
2.       Menyediakan sarana dimana pemasang iklan dapat mencapai target audien dengan biaya kompetitif.
3.       Memasukkan pendapatan agar stasiun penyiaran beroperasi secara kompetitif.
4.       Menghasilkan keuntungan bagi pemilik stasiun.
               Stasiun televisi yang dikelola dengan baik memberikan keuntungan antara 50 hingga 60 persen dari pendapatan dan modal. Bisnis televisi merupakan bisnis utang-piutang. Maksudnya, penyedia program meminjamkan programnya dahulu pada stasiun televisi dan stasiun televisi berhutang kepada penyedia program dan mencarikan pemasang iklan untuk membayar ongkos program yang ditayangkan. Pada umumnya, bisnis televisi akan mengalami break event point atau kembali modal dalam periode 5-10 tahun.

Baca Juga Artikel : Format Program TVDisini 

Sekali lagi terima kasih sudah membaca Artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar